Cara Install Developer/Stable Official Rom di Redmi 3 (Updated)

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan panduan cara menginstall developer/stable rom di redmi 3 kalian, jika kalian belum mengetahui apa itu developer dan stable rom, akan admin jelaskan secara singkat.

Pada ROM MIUI dari Xiaomi, dibagi 2 macam:

1. Developer ROM : Rom ini adalah rom yang masih belum stabil alias kemungkinan masih ada bug yg belum di fix oleh developer ini kekurangan dari ROM developer, tp kelebihannya kita bisa merasakan fitur-fitur terbaru dari miui dan kalian bisa melakukan proses rooting disini.

2. Stable ROM : Rom ini adalah sesuai namanya ya sudah cukup stabil, artinya ROM ini minim terjadi bug, cocok untuk pengguna yg tidak terlalu expert di dunia android, tgl pakai saja lah sudah enak buat sehari-hari.

OK langsung saja kita mulai tutorialnya, pertama penuhi persyaratan dan unduh bahannya dulu :

  1. PC/laptop minimal Windows 7 64 bit, harus 64 bit ya, klo g ada ya pinjem temen dulu, hehe :D
  2. Perlu diperhatikan, pastikan baterai device kalian sudah terisi penuh atau minimal 50%.
  3. Mi Pc suite, berikut linknya http://pcsuite.mi.com
  4. MiFlashTool khusus windows 64bit, http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone20151028.exe , atau MiFlash Terbaru http://api.bbs.miui.com/url/MiFlash
  5. Developer/Stable Rom Redmi 3 terbaru, http://en.miui.com/a-234.html, jangan sampai keliru download untuk device lain lho !, pastikan nama file yg kalian download mengandung code name "ido", contoh : ido_xhdpi_images_6.6.23_20160523.0000.23_5.1_cn_091d9e1fd9.tgz

install semua di pc kalian semua software tadi, disarankan memakai windows 64bit, karena di windows 32bit banyak yang mengalami kendala, jika sudah kita lanjut proses berikutnya :

INGAT, DO WITH YOUR OWN RISK, Admin tidak bertanggung jawab jika device kalian brick atau semacamnya. ikuti langkah dengan benar insyaallah device kalian akan baik-baik saja, kok.

1. Ekstrak dulu developer/stable rom yang kalian unduh tadi, terserah kalian taruh folder mana yang terpenting nama folder tidak boleh mengandung spasi.


1.gif


2. Kedua, jangan lupa backup semua data/aplikasi kalian terlebih dahulu, proses backup bisa dilakukan di device kalian dengan cara masuk ke setting – additional setting – backup&reset – local backup, kemudian tap tombol backup tunggu sampai proses selesai

Screenshot_2016-06-25-21-38-29_com.miui.backup.png


3. matikan device, kemudian tekan dan tahan volume atas + power sampai keluar menu fastboot, tap download, kemudian hubungkan device kalian ke pc.

vao che do download Redmi 3.jpg

4. buka miflashtool, klik refresh jika sudah muncul tulisan COM10 itu artinya device sudah terdeteksi oleh miflashtool, kemudian klik browse - arahkan ke direktori rom yang sudah kalian ekstrak tadi.

5. pastikan opsi dibawah pilih “flash all except storage”, kemudian klik flash maka proses flashing akan berjalan tunggu proses sampai selesai, biasanya memakan waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit

Capture.PNG

berikut contoh gambar jika proses flashing selesai :



6. jika proses flashing telah selesai, silakan lepas kabel usb dari pc, kemudian nyalakan devicenya, tunggu beberapa menit sampai masuk ke homescreen

SELAMAT device kalian sudah terinstall developer/stable official china ROM.

Nantikan tutorial android lainnya, salam.

n.b : cara flashing ini bs digunakan untuk device MI lainnya, tinggal cari ROM yg sesuai dg device anda

Comments